Himpunan Peneliti Indonesia ( HIMPENINDO) dideklarasikan di Jakarta pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2013. HIMPENINDO merupakan organisasi profesi peneliti di Indonesia yang berbadan hukum.

Himpenindo berperan sebagai mitra pemerintah dalam menetapkan arah, tujuan dan sasaran pembangunan nasional untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Sebagai konsekuensinya, himpunan ini juga harus mampu mendorong lembaga legislatif, eksekutif maupun swasta untuk memberikan akses infrastruktur dan suprastruktur dalam rangka meningkatkan profesionalisme Peneliti.


Organisasi profesi, Himpenindo memiliki tujuan untuk menciptakan peneliti yang profesional dalam keilmuan yang bertaraf internasional dan berintegritas serta memperjuangkan kesejahteraan dan hak-hak penelitiannya dan terpenuhinya perlindungan hukum dan HAM, serta hak intelektual bagi peneliti terkait dengan tugas-tugas penelitian, pengembangan dan pengkajian. Melalui HIMPENINDO, para Peneliti diharapkan dapat mengembangkan kapasitasdan kompetensi peneliti dan meningkatkan kualitas hasil penelitian, pengembangan dan pengkajian yang dapat segera dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat.


Melalui Organisasi Profesi Peneliti ini pula, para Peneliti dapat menjalin sinergi antara Lembaga Penelitian Kementerian, LembagaNon-Kementerian, Pemerintah Daerah , Perguruan Tinggi, Badan Usaha dan lembaga internasional. Himpenindo adalah wadah tunggal, taidak hanya bagi peneliti Aparatur Sipil Negara (ASN), tetapi juga peneliti Non ASN. Dengan demikian, HIMPENINDO juga dituntut untuk meningkatkan integritas dan etika peneliti melalui penyusunan dan penegakan Kode Etik dan Perilaku Peneliti serta memberikan kontribusi dalam mensejajarkan kemampuan Ipteks nasional dengan tingkat kemapanan Ipteks global.

Saat ini, anggota HIMPENINDO adalah para Peneliti yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN yang bekerja di berbagai Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta Badan Usaha yang tersebar di berbagai provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia. Para Peneliti tersebut juga memiliki bidang kepakaran dan organisasi keilmuan yang berbeda. Dengan kondisi keragaman tersebut, jika tidak dilakukan sinergitas antar para Peneliti tersebut maka dapat menyebabkan terjadinya penelitian, pengembangan dan pengkajian yang tumpang-tindih atau sebaliknya banyak kegiatan yang tidak terjangkau sehingga tidak dapat dilakukan.


Sebagai himpunan para peneliti di Indonesia, HIMPENINDO merupakan wadah aspirasi dan forum komunikasi para peneliti Indonesia yang harus selalu meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan invensi dan inovasi, hingga dapat berkontribusi dan berdaya saing secara global. Selain itu, himpunan peneliti dapat melakukan langkah strategis perlindungan hukum untuk para Peneliti dalam menjalankan tugas profesinya dan mensinergikan perjuangan advokasi terhadap berbagai kebijakan negara maupun institusi yang berkaitan dengan keselamatan dan kemaslahatan para Peneliti.

 

Visi HIMPENINDO adalah terwujudnya peneliti Indonesia yang profesional, berdaya saing global dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

 

Misi HIMPENINDO yaitu:

1)     Meningkatkan profesionalisme peneliti yang beretika;

2)     Menegakkan Kode Etik dan Perilaku Peneliti selanjutnya disebut Kode Etik dan Perilaku Peneliti (KEPP) terkait dengan tugas-tugas penelitian,pengembangan dan pengkajian;

3)     Memberikan perlindungan hukum dan hak asasi manusia (HAM) bagi peneliti terkait dengan tugas-tugas penelitian, pengembangan dan pengkajian;

4)     Memperjuangkan hak intelektual peneliti dan kesejahteraan peneliti;

5)     Memberikan akses suprastruktur dan infrastruktur kepenelitian kepada peneliti; dan

6)     Membangun sinergi antara peneliti Lembaga Penelitian Kementerian, Lembaga NonKementerian, Pemerintah Daerah, PerguruanTinggi, Badan Usaha, dan lembaga internasional untuk menghasilkan iptek sebagai landasan kebijakan pembangunan nasional.