Anggota Himpenindo


Saya adalah peneliti dengan Jabatan Fungsional Peneliti (JFP), apakah saya dapat mendaftar menjadi anggota Himpenindo?
Ya, anda bisa menjadi anggota Himpenindo, sesuai dengan AD/ART Himpenindo
Saya adalah dosen di perguruan tinggi swasta, apakah saya dapat mendaftar menjadi anggota Himpenindo?
Ya, anda bisa menjadi anggota Himpenindo, sesuai dengan AD/ART Himpenindo
Saya adalah peneliti yang bekerja pada perusahaan BUMN, apakah saya dapat mendaftar menjadi anggota Himpenindo?
Ya, anda bisa menjadi anggota Himpenindo, sesuai dengan AD/ART Himpenindo
Saya adalah peneliti yang bekerja pada organisasi LSM atau nir-laba internasional dan berkedudukan di Indonesia, apakah saya dapat menjadi anggota Himpenindo?
Ya, anda bisa menjadi anggota Himpenindo, sesuai dengan AD/ART Himpenindo
Saya adalah pensiunan dari jabatan fungsional peneliti dan saat ini masih aktif melakukan kegiatan penelitian secara mandiri/perseorangan/tanpa afiliasi, apakah apakah saya dapat menjadi anggota Himpenindo?
Ya, anda bisa menjadi anggota Himpenindo, sesuai dengan AD/ART Himpenindo
Saya adalah pejabat struktural, yang sementara dihentikan dari Jabatan Fungsional Peneliti (JFP), apakah saya dapat menjadi anggota Himpenindo?
Ya, anda bisa menjadi anggota Himpenindo, sesuai dengan AD/ART Himpenindo

Pasal 15


Anggota HIMPENINDO adalah setiap orang yang berprofesi sebagai peneliti dan dengan sukarela mengajukan permohonan menjadi anggota sesuai ketentuan organisasi.

Anggota HIMPENINDO terdiri dari anggota biasa, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan.


Jika saya tidak memenuhi ketentuan sebagai anggota biasa tetapi ingin mengajukan diri menjadi Anggota Himpenindo, apakah diperbolehkan?
Sesuai AD/ART Himpenindo pasal 15 dan 17, bagi seseorang yang berminat/menaruh perhatian terhadap kegiatan penelitian dan pengembangan dan pengkajian, dapat menjadi anggota Himpenindo sebagai anggota luar biasa.
Apakah syaratnya menjadi anggota luar biasa?
Mengajukan permohonan (via registrasi on-line https://himpenindo.or.id) atau diusulkan oleh Pengurus Pusat atau Provinsi, atau Pengurus Kabupaten/Kota secara tertulis, dan disetujui oleh Pengurus Pusat dan diberikan kartu anggota.
Jika saya terdaftar sebagai anggota luar biasa, apakah hak dan kewajiban saya sebagai anggota Himpenindo?
Hak sebagai anggota luar biasa adalah hak memilih tanpa hak dipilih sebagai Pengurus Pusat.
Kewajibannya sama halnya dengan Anggota Biasa, yakni: (1) Menjunjung tinggi kehormatan Himpenindo, (2) Mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, serta Peraturan dan Keputusan Organisasi, termasuk membayar uang pendaftaran dan iuran tahunan anggota; 3) Mematuhi Kode Etik dan Perilaku Peneliti.
Dapatkah seseorang yang diakui prestasi dan kontribusinya bagi penelitian, pengembangan dan pengkajian serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, diusulkan menjadi anggota Himpenindo?
Bisa diusulkan sebagai anggota kehormatan.
Apakah hak dan kewajiban dari Anggota Kehormatan Himpenindo?
Berkewajiban menjaga, mengembangkan dan menjunjung martabat dan kehormatan baik Himpenindo, dan Anggota kehormatan mempunyai hak memberikan masukan/saran kepada pengurus, tetapi tidak mempunyai hak memilih dan dipilih sebagai Pengurus.

Syarat Mendaftar Keanggotaan Himpenindo


Jika saya ingin mendaftar sebagai Anggota Himpenindo, bagaimana caranya dan mendaftar?
Jika anda ingin mendaftar sebagai anggota biasa/luar biasa Himpenindo, maka anda harus registrasi secara online di: https://www.himpenindo.or.id dengan menggunggah dokumen-dokumen yang diminta. Pengajuan akan diproses oleh Sekretariat Himpenindo, dan kemudian ada ada notifikasi jika sudah dinyatakan lolos verifikasi (maksimum 3 hari kerja) maka kemudian anda diminta mengirim uang pendaftaran (Rp 250,000) dan iuran tahunan (Rp 200,000/tahun). Jika sudah diunggah tanda bukti pembayaran via e-himpenindo, maka anda akan mendapat notifikasi bahwa registrasi anda sudah berhasil dan diberikan nomor keanggotaan ke email anda. Nomor keanggotaan tersebut sebagai usernama anda ketika login ke sistem. Maksimum 10 hari kerja kartu anggota anda akan dikirimkan ke alamat pengurus wilayah dimana anda menjadi anggota.
Apakah dokumen yang perlu saya siapkan untuk diunggah pada saat pendaftaran?
  • ASN (aparatur sipil negara) dengan JFP (jabatan fungsional tertentu) maka siapkan nomor KTP/NIK dan cukup mengunggah SK Jabatan Fungsional Peneliti terakhir dan tanda bukti pembayaran.
  • ASN tetapi bukan JFP, contoh fungsional dosen, fungsional analis kebijakan, fungsional perekayasa, maka siapkan nomor KTP/NIK dan anda diminta menggunggah SK jabatan fungsional terakhir anda dan bukti KTI (Karya Tulis Ilmiah)/HKI.
  • Non ASN (dengan afiliasi pada organisasi tertentu), maka siapkan nomor KTP/NIK dan surat keterangan dari tempat bekerja atau rekomendasi dari 2 orang peneliti serta list KTI.
  • Perorangan atau mandiri, maka siapkan nomor KTP/NIK dan SK Fungsional Terakhir, rekomendasi dari 2 orang peneliti) serta list KTI.
Jika saya sudah pernah mendaftar sebelumnya sebagai anggota Himpenindo (2013-2018), apakah saya masih harus registrasi via online tersebut?
Jika anda sudah pernah mendaftar sebelumnya, maka tetap anda melakukan registrasi ulang di https://www.himpenindo.or.id karena sistem yang dibuat ini baru sama sekali dan data terkini anda sangat dibutuhkan.
Jika saya sudah pernah mendaftar dan membayar uang pendaftaran dan iuran tahunan, apakah saya tetap harus membayar kembali dan mengunggah bukti bayar di sistem baru tersebut?
Jika anda sudah pernah mendaftar sebelumnya dan membayar uang pendaftaran/iuran tahunan, maka harap anda masukkan nomor keanggotaan yang lama kedalam sistem (field yang diminta), maka kemudian anda cukup membayar kekurangan uang pendaftaran/iuran tahunan saja. Sekretariat akan melakukan verifikasi dana yang sudah masuk. Anda cukup mengunggah kekurangan anggaran/iuran tersebut kedalam sistem.
Jika saya tidak membayar iuran tahunan (lupa dan karena lain hal) apakah status keanggotaan saya masih aktif?
Sistem e-Himpenindo akan memberikan peringatan pada anda jika waktu pembayaran iuran tahunan sudah semakin dekat, jika anda tetap belum membayar hingga batas waktu yang ditetapkan atau tidak membayar iuran anggota paling sedikit 1 tahun), maka keanggotaan anda menjadi masuk kategori “non Aktif”. Keanggotaan anda akan aktif kembali setelah jika telah membayar iuran anggota dengan melampirkan bukti bayar.
Jika status keanggotaan saya menjadi “non Aktif”, apakah konsekuensinya bagi saya?
Jika status anggota anda aktif, maka dapat mengakses seluruh fasilitas Himpenindo. Sedangkan jika “Non Aktif”, maka anda hanya dapat mengakses sebagian fasilitas Himpenindo, sehingga tidak dapat diberikan rekomendasi untuk kenaikan jenjang/jabatan, pendampingan Komite Etika, dan mengikuti Uji Kompetensi.

Syarat Memilih dan Dipilih sebagai Pengurus Himpenindo


Sebagai anggota biasa Himpenindo, apakah saya berhak mengajukan diri atau diajukan sebagai pengurus pusat atau wilayah?
Sesuai AD/ART Himpenindo, maka anggota biasa dapat memilih dan dipilih sebagai pengurus organisasi Himpenindo. Namun Anggota luar biasa hanya mempunyai hak memilih tanpa hak dipilih sebagai Pengurus Pusat. Sedangkan Anggota kehormatan mempunyai hak memberikan masukan/saran kepada pengurus, tetapi tidak mempunyai hak memilih dan dipilih sebagai Pengurus.

Berhenti dari Keanggotaan Himpenindo


Apa yang menyebabkan Keanggotaan anda di Himpenindo berhenti?
Bisa, karena keanggotaan bersifat suka rela. Keanggotaan berakhir karena (1) Meninggal dunia; (2) Mengundurkan diri; atau (3) Diberhentikan (Pemberhentian keanggotaan didasarkan pada pelanggaran Kode Etik dan Perilaku Peneliti yang diputuskan oleh Sidang Majelis Etik dan Kehormatan Peneliti (MEKP) dan ditetapkan oleh Pengurus Pusat
Bagaimanakah mekanisme pemberhentian Keanggotaan?
  • Jika atas permintaan sendiri, maka anggota harus mengajukan langsung pada Pengurus Pusat c/q Pengurus Wilayah dengan mengisi form-2. Keputusan oleh Ketua Pengurus Pusat, maka sekretariat akan menutup account ybs di e-registrasi.
  • Jika diberhentikan, maka keputusan pemberhentian akan dikeluarkan oleh Ketua Pengurus Pusat dan disampaikan pada Pengurus Wilayah berdasarkan pertimbangan MEKP. Maka sekretariat akan menutup account ybs di e-registrasi.