2019-12-05 01:15:05

Jakarta – Kamis (5/12/2019) Hari ini dilaksanakan Seminar Nasional dengan tema Kebijakan Berbasis Bukti (Evidence-based Policy) Untuk Kinerja Legislasi DPR RI dan Daya Saing Bangsa. Seminar Nasional ini diadakan oleh Pusat Penelitian Badan Keahlian Setjen DPR RI bekerjasama dengan Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo). Kegiatan seminar ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang ditandatangani antara Sekretaris Jenderal sekaligus Plt. Kepala Badan Keahlian DPR RI dengan Himpenindo pada bulan Agustus 2019 lalu. Dimana pada saat itu Bapak Sekjen DPR RI berpesan agar MoU tidak berhenti di atas kertas, namun harus dapat diimplementasikan dalam berbagai kegiatan positif, demi kepentingan bangsa dan negara.



Sebagai organisasi profesi, Himpenindo merupakan wadah bagi para peneliti di seluruh Indonesia, baik itu Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN. Organisasi ini bertujuan untuk menciptakan peneliti profesional, melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi serta penegakan etika Peneliti dan kepenelitian. Bagi peneliti ASN, Himpenindo telah ditunjuk oleh instansi pembina Jabatan Fungsional Peneliti yaituLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai wadah tunggal organisasi profesi peneliti. Melalui Himpenindo, para Peneliti diharapkan dapat mengembangkan kapasitas dan kompetensinya serta meningkatkan kualitas hasil penelitian, pengembangan dan pengkajian yang dapat segera dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat.


Dengan demikian, melalui kerjasama antara Himpenindo sebagai Organisasi Profesi Peneliti seluruh Lembaga Penelitian Kementerian, LembagaNon-Kementerian, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Badan Usaha dan Lembaga Internasional, maka diharapkan dapat terjalin sebuah sinergi riset yang lebih besar dan berdampak sangat positif dan lebih besar untuk kepentingan bangsa dan negara. Salah satu upaya untuk menjalin sinergi antar lembaga yang telah dilakukan Himpenindo adalah dengan melakukan kegiatan bersama seperti Seminar Nasional dengan tema riset sebagai pendukung kebijakan berbasis bukti (Evidence-based Policy) Untuk Kinerja Legislasi DPR RI dan Daya Saing Bangsa yang sedang diselenggarakan saat ini.



Kebijakan publik yang dihasilkan oleh Pemerintah, hendaknya merupakan seuah produk kebijakan yang berkualitas serta mampu menjawab tantangan riil di masyarakat. Oleh karena itu, dalam pembuatan sebuah kebijakan, sangat dibutuhkan sebuah kajian/riset yang komprehensif. Adapun dalam melaksanakan sebuah kajian, diperlukan sebuah pondasi ilmu pengetahuan yang kuat.



Seminar nasional kali ini menghadirkan sebuah topik yang sangat menarik, dimana dunia riset disinergikan dengan parlemen sebagai pembuat kebijakan. Dengan adanya sinergi yang baik antara keduanya diharapkan kebijakan-kebijakan yang dihasilkan akan lebih berkualitas, aplikatif dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi bangsa dan Negara karena berangkat dari data dan fakta yang ada. Seminar nasional ini bermanfaat untuk menambah wawasan para peneliti dalam mencari gagasan baru, inspirasi dan solusi bagi isu-isu dan permasalahan nasional dan global.



Seminar Nasional ini menghadirkan para pembicara dari kalangan pakar, praktisi serta akademisi yang kompeten dibidangnya. Diharapkan dapat memberikan masukan bagi para peserta seminar yang terdiri dari kalangan pemeliti lintas instansi dan menggugah para peneliti agar terus meningkatkan kompetensi dalam melakukan riset sebagai basis dalam mendukung kebijakan publik. Diharapkan dengan berbagai sumbang saran dan ide-ide cemerlang yang muncul disini dapat memberikan solusi yang berarti bagi berbagai permasalah bangsa yang selanjutnya dapat mengakselerasi kemajua nbangsa dan Negara.

 

Divisi Komunikasi dan Informatika

Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Peneliti Indonesia

Nara hubung Himpenindo:

Ketua Umum DPP Himpenindo; Ir. Syahrir Ika, MM: 0813-8675-6331

Divisi Komunikasi dan Informatika Himpenindo; Ahmad Budi Setiawan: 0812-9384-645, Adrinus Dwi Siswanto: 0858-2370-6594